Liburan Istimewa di Destinasi Segitiga Emas, India

Liburan Istimewa di Destinasi Segitiga Emas, India

0 200

Tahukan Anda India sudah terkenal sebagai negara dengan tujuan wisata yang tak tertandingi dan luar biasa? India adalah kaleidoskop akan situs-situs sejarah menakjubkan, pusat kota dengan lanskap mewah, panorama pegunungan berbalut kabut, penduduk, festival serta kebudayaan yang beraneka warna.

Sebagai rumah bagi satu miliar orang – sebuah studi yang kontras, India terdiri dari sisi utara yang dimulai dari pegunungan Himalaya yang megah hingga ke sisi selatan yang penuh dengan aneka pantai penuh pemandangan sunset keemasan yang seolah tidak ada habisnya.

Mulailah berwisata ke jantung India atau yang disebut dengan Destinasi Segitiga Emas yang meliputi New Delhi, Agra dan Jaipur sebagai awal liburan yang sempurna. Kombinasi karakteristik berisikan pemandangan, kesan pesan, serta pengalaman dari tiap kota siap untuk dijelajahi.

Delhi yang modern dan kosmopolitan merupakan pusat kota, kebudayaan, politik, dan pusat komersil dari India sedangkan Agra menyajikan wisata Taj Mahal dan kemewahan Kekaisaran Mughal. Tidak lupa Jaipur akan membuat kita terkenang dengan kebudayaan Rajput di abad pertengahan. Sebagai lokasi wisata populer, ketiga kota ini telah memiliki hotel dan fasilitas pariwisata yang sangat memadai.

Musim semi dan musim gugur adalah waktu terbaik untuk berlibur dikarenakan Festival akbar Holi dan Diwali di India diselenggarakan di kedua musim tersebut. Nikmati sukacita dan perayaan meriah, cicipi masakan tradisional, kunjungi warisan budaya bersejarah, lalu pergilah hura-hura untuk berbelanja!

Delhi
qutub-minar-pengalaman-liburan-istimewa-di-segitiga-emas-India
Qutub Minar di Delhi

Turis internasional terbiasa mengunjungi Delhi sebagai pusat wisata utama yang telah dilengkapi dengan bandara barunya yang menarik perhatian publik. William Darymple’s ‘The City of Djinns’ yang dihuni sejak abad ke-6 SM, dibangun di atas reruntuhan tujuh kota kuno. Delhi adalah kota dengan kontradiksi spektakuler. Hal ini terlihat dari monumen abad pertengahan yang berdiri dengan mulia dan megah di antara infrastruktur kontemporer dan pusat perbelanjaan modern.

Sebagai awal, kunjungi Red Fort, Jama Masjid dan Chandini Chowk di Old Delhi terlebih dahulu. Lanjutkan ke Raj Ghat, Qutub Minar, Chhattarpur Mandir, Makam Humayun, Purana Qila dan Mausoleum Nizammudin Auliya kemudian. Lokasi wisata kontemporer lainnya adalah kuil teratai Baha’i, Kuil Akshardham yang baru direnovasi, Taman Jepang dan Taman Five Senses.

liburan-istimewa-di-destinasi-segitiga-emas-india
Bahai Lotus

Anda dapat berbelanja tanpa batas tanpa rasa khawatir dengan berburu kerajinan, perhiasan, gadget, tekstil dan barang-barang yang tersedia di pasar. Di pinggir jalan pasar Old Delhi banyak dijual perhiasan etnik, sari, bahan pakaian, tekstil dan brokat aglitter dengan manik-manik, manik-manik, hingga bordir. Jangan lupa mampir ke pasar ramai lainnya seperti Lajpat Nagar, Sarojini Nagar, Karol Bagh dan Connaught Place. Kamu juga bisa mampir pasar buket Dilli Haat untuk kerajinan etnis daerah.

 Agra

taj-mahal

Setelahnya lanjutkan perjalanan ke Taj Mahal di Agra, yang berjarak 196 km dari Delhi dengan aneka pilihan transportasi. Kamu akan kembali mengalami time travel  ke zaman yang didominasi raja-raja Mughal yang agung di mana mayoritas sekelompok raja tersebut adalah pengagum seni garis keras.

Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya Mumtaz Begum dikreasikan dengan marmer putih dan diukir secara hati-hati demi hadirnya kesan awan putih lembut yang melekat di tepian Yamuna yang bersinar. Malam purnama adalah waktu terbaik untuk melihatnya bagai cahaya mutiara. Dilengkapi lanskap anggun tepi sungai Yamuna, suasananya begitu pas untuk mengutip sebuah puisi cinta yang kekal.

Atraksi turis menarik lainnya adalah Benteng Agra, Makam Itmad-Ud-Daullah, Chini ka Rauza, Fatehpur Sikri dan Makam Akbar di Sikandra. Nikmati rasanya mengunjungi lorong waktu terbaik ketika berbelanja miniatur Taj Mahal, kotak marmer berisikan ragam karya dan tekstil, terutama karya bordir ‘chikan’ di kain organza yang menjadikan Agra terkenal karenanya. Pusat perbelanjaan populer di Agra adalah: Raja ki Mandi, Bazaar Kinari, Sadar Bazaar dan Kompleks Taj Mahal.

Jaipur
hawa-mahal-agra-pengalaman-liburan-istimewa-di-segitiga-emas-India
Kastil Angin Hawa Mahal

Kunjungan terakhir paling berwarna adalah ‘Kota Pink’ Jaipur, ibukota kerajaan Rajasthan, sebuah visi spektakuler yang menjelma dalam warna pink mempesona. Jaipur berasal dari risalah Hindu kuno tentang arsitektur ‘Shilpa Shastra,’ satu contoh brilian dari arsitektur India di masa pertengahan.

Kompleks City Palace terdiri dari labirin istana batu berukir, menara dan halaman berhias air mancur menakjubkan serta patung yang berdiri gagah. ‘Hawa Mahal’ tampak seperti pajangan lembut berwarna merah muda.

Jelajahi benteng-benteng menjulang, tugu kerajaan mewah dan keajaiban arsitektur Rajputana dari ‘Jantar Mantar’, Moti Doongri, Benteng Nahargarh, Benteng Jaigarh, Istana Jai ​​Mahal, Vidhyadhar Bagh, Kanak Brindavan, Albert Hall hingga Istana Rambagh.

Berjarak 11 KM dari kota Jaipur, ada Benteng Amber yang agung yang bisa dicapai dari atas seekor gajah yang menanjak perlahan yang menawarkan pemandangan mengagumkan dari dekat benteng kerajaan dan danau yang berkilau di bawahnya.

Belilah kerajinan di pasar bazaar Jaipur yang meriah yang memiliki pengrajin yang sedang membuat perhiasan, tekstil dasi dan pewarna serta gerabah jika masih ingin berbelanja. Tarian rakyat, pertunjukan music, pertunjukan boneka penuh legenda akan keberanian dan cinta juga melimpah untuk dinikmati.

Dikemas bersama kebudayaan, dekorasi dan sejarah yang semarak, Destinasi Segitiga Emas adalah paket wisata populer paling ditunggu. Perpaduan yang memikat dari kemewahan Kekaisaran Mughal hingga kehidupan dinamis India yang modern membuat masing-masing kota menawarkan pemandangan, pengalaman dan kesan unik tersendiri.

Aspek tradisional dan kontemporer berpadu secara berdampingan untuk menyebarkan energi dan komposisi yang luar biasa positif pada sebuah kehidupan. Tanah air yang akan membuatmu kagum akan modernitas, merangkulmu dengan kehangatan, dan melimpahimu dengan keramah-tamahan. India yang sejatinya istimewa dengan ‘Atithi Devo Bhavah’ –nya atau sebuah tempat yang memuliakan ‘Tamu adalah Tuhan’

India bukan hanya perjalanan liburan, melainkan sebuah pengalaman berharga.

oleh Poonam Sagar

Subscribe to Newsletter

NO COMMENTS

Leave a Reply

*

*

*

fifteen − 5 =

*

SIMILAR ARTICLES