India Yang Agung: 10 Destinasi Wisata Menakjubkan

India Yang Agung: 10 Destinasi Wisata Menakjubkan

leh-ladakh

Apa kalian berencana mengunjungi India tetapi belum tahu ingin mulai darimana?

Apa perspektifmu mengenai Taj Mahal masih sama seperti mutiara yang bercahaya di bawah sinar rembulan? Di mana para wanita anggun dan cantik berbaris dalam Saree yang menjuntai dengan simbol merah di dahi mereka seperti dari Bollywood, menghangatkan roti Naan dan ayam tikka? Jelajahi lebih dalam dan kalian segera menemukan ‘negeri milik Dewa’ di Kerala, meskipun ‘Kediaman Dewa’ berada di Uttarakhand dan ‘Surga Dunia’ terletak di Kashmir.

Memang begitu membingungkan, menakjubkan, mengilhami, sekaligus mengintimidasi. India, negara yang begitu luas (serupa dengan ukuran Eropa); terdapat lebih dari 1,2 miliar penduduk tersebar di 28 negara bagian dan 7 wilayah kesatuan. Dinasti dan kekaisaran terdahulunya telah tertaut satu sama lain. Sebuah kaleidoskop akan bahasa, dialek, agama, ras, adat istiadat, dan masakan,  yang tidak terdefinisikan melainkan hanya dapat kalian alami sendiri.

Begitu banyak hal untuk kalian lihat serta lakukan di India. Tidak mudah menentukan rekomendasi sepuluh destinasi di India. Inilah rekomendasi saya mengenai sepuluh destinasi wisata terbaik di India dari Utara hingga ke Selatan.

Delhi
qutub-minar
Qutub Minar di Delhi

Ibukota India ini dibangun di atas reruntuhan tujuh kota kuno. Idiom lokal mengatakan ‘Dilli dilwalon ka shehr’, yang berarti Delhi milik mereka yang berjiwa besar dan rendah hati. Sebuah kota dengan kontradiksi spektakuler yang berisikan monumen kuno dari abad pertengahan yang berdiri dengan mulia dan megah di antara infrastruktur kontemporer dan pusat perbelanjaan modern.

Agra, Uttar Pradesh

taj-mahal

Taj Mahal adalah wujud dari syair pujian akan kasih sayang yang dibangun dengan duka untuk mengenang istrinya oleh Kaisar Mughal Shah Jahan. Terdiri atas bangunan makam agung yang terbuat dari marmer putih dilapisi batu semi mulia dan berukir rumit, Taj Mahal adalah kompleks agung yang menaungi beberapa bangunan mewah, dan masuk dalam Situs Warisan Dunia. Masih banyak lagi destinasi indah lainnya.

Jaipur, Rajasthan
hawa-mahal
Hawa Mahal – Kastil Angin

Dibangun dengan menggunakan batu pasir merah jambu. Sebuah masa lampau yanag hidup kembali di pangkuan Rajputana yang mewah. Jelajahilah benteng Jaipur yang begitu menjulang, havelis mewah, dan tugu memorial kerajaan. Jangan lupa beli oleh-oleh kerajinan tekstil beragam warna dan perhiasan dengan detail kompleks. Kalian juga bisa menikmati tarian rakyat, pertunjukan musik dan boneka untuk mengetahui legenda akan keberanian dan cinta.

Mumbai, Maharashtra 
Goa
Pantai Goa

Ingin pergi bulan madu? Cobalah mampir ke Goa, wilayah terkecil di India. Surga tropis yang masih memiliki pengaruh dari negeri Portugis, dengan pantai eloknya, racikan masakan Timur berpadu dengan resep Barat, serta aneka karnaval. Lokasinya sering dipilih sebagai Destinasi Tahun Baru yang seru.

Khajuraho, Madhya Pradesh

Khajuraho

Di ‘Jantung India’ kalian dapat mengunjungi kuil Hindu dan Jain yang berusia 1200 tahun – Kuil Khajuraho, yang terkenal dengan patung erotisnya. Kuil-kuil tersebut sudah terkenal dengan karya seni dan pahatan menawan pada dinding yang dicurahkan khusus sebagai ekspresi akan cinta dan kasih sayang.

Perairan Kumarakom, Kerala
Kerala
Perairan Kerala

Remajakan kulitmu dengan Ayurveda, sebuah ‘ilmu kehidupan’, metode pengobatan kuno yang didasarkan pada diet, pijat, herbal, meditasi dan yoga, yang begitu populer di Kerala. Kumarakom, sebuah desa terpencil yang ditemani sekelompok pulau kecil berada di tepi Danau Vembanad yang biru jernih. Telusurilah keindahan perairan Kerala menggunakan pelayaran kapal pesiar yang romantis.

Mysore, Karnataka
dasara-festival
Festival Dasara, Mysore

Merupakan kota paling bersih di India, Mysore terkenal dengan perayaan Festival Dasara selama 10 hari. Sutra, lukisan dan karya pertunjukan tersedia sebagai cendera mata kalian. Lakukanlah pesta makan besar dengan Mysore Pak. Mysore juga unggul sebagai lokasi ekowisata dan memiliki 25 suaka margasatwa dan lima taman nasional.

Leh, Ladakh

leh-ladakh

Termasuk lokasi  paling ajaib di muka bumi dan terletak di dataran tinggi Tibet. Hamparan putih Himalaya yang tenang dan lembah Ladakh bersuasana mistis merupakan perwujudan surga dunia. Lanskap kasar nan tandus bersanding dengan langit biru dan danau biru kehijauan. Bendera biara yang berkibar adalah bentuk kesempatan kalian untuk berfoto tanpa henti.

Kanyakumari, Tamil Nadu
kanyakumari
Kanyakumari

Ini dia akhir petualangan dari India, pertemuan Teluk Benggala, Samudra Hindia, dan Laut Arab yang menghasilkan pemandangan unik dan spektakuler akan matahari terbit dan terbenam. Kalian akan menikmati bulan terbit dan terbenam secara bersamaan – di kedua sisi cakrawala pada waktu purnama di malam hari yang sejuk.

Bollywood, Slumdog Millionaire, pusat layanan Bangalore – semua hal tersebut mengaburkan pandangan kalian akan India yang ‘sesungguhnya’ dengan keindahan alam, monumen menakjubkan, ragam warna sejarah dan budaya, mitologi mistis serta variasi masakan mewahnya. Segera rencanakan liburan yang tepat untukmu dan pilih apa hanya ingin berjalan-jalan guna menyerap energi dan semangat negeri India, bersantai-santai di pantai, ataupun mengalami hidup layaknya raja di tanah para bangsawan.

Oleh,

Poonam Sagar

Subscribe to Newsletter

NO COMMENTS

Leave a Reply

*

*

*

thirteen − two =

*